Yogyakarta – Minggu (24/10/2021) diadakan Seminar Pengembangan Diri secara daring oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Soedomo, dimana dimaksudkan untuk Peningkatan Kapasitas Budaya Pelayanan Prima dalam Mendukung Kinerja RSGM UGM Prof. Soedomo. Seminar ini merupakan acara wajib bagi seluruh civitas hospitalia atau staff internal RSGM UGM Prof. Soedomo yang dihadiri sebanyak 153 peserta.
Seminar pengembangan diri kali ini diisi oleh empat narasumber yaitu Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK (Direktur RSGM UGM Prof. Soedomo), Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS (Dewan Pengawas RSGM UGM Prof. Soedomo), Dr. Iva Ariani, S.S., M. Hum.(Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM), serta Sri Nenggih Wahyuni,S.IP,MA (Kepala Instalasi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Informasi dan Layanan Pelanggan).
Dr. drg. Julita Hendrartini,M. Kes., AAK selaku Direktur RSGM UGM Prof. Soedomo memaparkan terkait dengan visi, misi, dan struktur organisasi dan tata Kelola (SOTK) dari RSGM UGM Prof.Soedomo. Beliau mengharapkan seluruh civitas hospitalia RSGM UGM Prof.Soedomo memahami visi, misi dan SOTK yang untuk mewujudkan pelayanan prima sesuai dengan visinya yaitu visi kedepannya menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan yang melaksanakan pelayanan Pendidikan dan penelitian yang unggul, inovatif, dan berwawasan internasional serta mengabdi pada kepentingan masyarakat.
Namun dalam mencapai visi dan misi yang diharapkan, Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS selaku Dewan Pengawas RSGM UGM Prof. Soedomo menekankan bahwa dalam mewujudkan Good Hospital Management, hanya bisa terjadi kalau lingkungan yang kompetitif. Sadar akan adanya kompetitorsertadapat bersubtitusi dengan rumah sakit lain dapat menimbulkan kesadaran dan dorongan dalam mengatasi persaingan yang ada. Selain itu dalam mengembangkan strateginya, diharapkan seluruh civitas hospitalia RSGM UGM Prof. Soedomo juga memahami misi dari RSGM UGM Prof. Soedomo itu sendiri, sehingga paham akan indicator hospital survival and development. Ketika kita paham akan indicator tersebut seperti: (1) Frnancial Performance, (2) Customes Satisfaction, (3) Business Process, dan terpenting adalah (4) Learing and Growth (HC) kita akan suvive dalam kondisi apapun serta terpenting adalah kita memiliki network yang terus berkembang.
Melalui adanya seminar pengembangan diri yang ditujukan untuk internal RSGM UGM Prof.Soedomo, civitas akademik akan lebih terbuka dan mendapatkan pengetahuan lebih mengenai bagaimana mewujudkan pelayanan prima dan berkualitas. Hal yang sama juga dipaparkan oleh Dr. Iva Ariani, S.S., M. Hum. (Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM) dalam presentasinya, dimana pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan sesuai dengan standar mutu yang memuaskan dan sesuai harapan bahkan dapat melebihi harapan seorang customer pungkas beliau. Ditambahkan juga oleh ibu Sri Nenggih Wahyuni,S.IP, MA selaku Kepala Instalasi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Informasi dan Layanan Pelanggan, beliau juga menekankan pentingnya personal grooming untuk mewujudkan excellence service.
Seminar ini disambut baik oleh seluruh peserta dan juga sangat banyak dukungan yang diberikan untuk mensukseskan acara ini. Direktur RSGM UGM Prof. Soedomo, Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK, mengharapkan acara peningkatan atau pengembangan diri seperti ini akan dapat terselenggara kembali setidaknya 3 bulan sekali untuk memsupport dalam meningkatkan kapasitas dari seluruh civitas hospitalia serta terwujudnya pelayanan Pelayanan Prima RSGM UGM Prof. Soedomo.
Reporter: Ainun Hanin