
[Yogyakarta, 10 Juni 2025] – RSGM UGM Prof. Soedomo resmi mengaktivasi layanan SiGiTa (Sistim Gigi dan Mulut Telekonsultasi Aktif), sebuah inovasi Teledentistry yang memungkinkan konsultasi kesehatan umum hingga kesehatan gigi dan mulut secara jarak jauh. Layanan SiGiTa, dapat diakses pasien dengan melakukan reservasi melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0822‑2071‑4111 atau mengakses logo SiGiTa di situs resmi RSGM UGM (rsgm.ugm.ac.id). Upaya tersebut merupakan wujud hadirnya RSGM UGM Prof. Soedomo di tengah-tengah masyarakat serta memperluas jangkauan layanan kesehatan diseluruh Indonesia.
Ragam layanan mencakup konsultasi kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut, pemantauan pasca-perawatan (follow-up), edukasi kesehatan, serta rekomendasi pengobatan—semuanya dapat dilakukan dari rumah, tanpa harus datang langsung ke rumah sakit. Keunggulan Teledentistry seperti ini telah terbukti meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, mempercepat deteksi dini, serta memperluas jangkauan layanan—terutama bagi masyarakat di daerah terpencil dan pasien dengan keterbatasan mobilitas.
Adapun penjelasan layanan SiGiTa silahkan dapat klik pada link sebagai berikut: https://rsgm.ugm.ac.id/layanan-teledentisrty-sigita/